Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Workshop Training For Trainer (TFT)

Oleh Yudi Kurniawan

Solution Powerindo Consulting (SPC) kembali mengadakan agenda public training. Topik pelatihan yang mengawali tahun ini adalah Training for Trainer (TFT). TFT ini diadakan pada hari Minggu, 20 Januari 2013 di Hotel Mawar Asri. Topik mengenai TFT dipilih karena kompetensi sebagai trainer semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan, baik skala kecil hingga besar. Hal ini bisa kita lihat pada lowongan-lowongan pekerjaan yang dibuka oleh perusahaan, biasanya hampir selalu mencantumkan kebutuhan karyawan pada posisi trainer, entah itu trainer specialist ataupun trainer officer perusahaan.  

Hadir sebagai trainer dalam program TFT ini adalah Rocky Valentino, S.Psi. Berbekal pengalamannya di dunia praktis perusahaan, ia menyampaikan mengenai konsep dan aplikasi pelatihan pada peserta TFT. Secara konseptual, training didefinisikan sebagai proses pendidikan jangka pendek yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisir, sehingga individu dapat mempelajari pengetahuan & keterampilan untuk tujuan tertentu.Konsep training dalam aplikasi kerja tidak hanya berorientasi pada jangka pendek, namun juga harus berprinsip pada “development”. Development diartikan program yang sistematis untuk orientasi jangka panjang terhadap progres yang didapatkan mencakup aspek kompetensi.

Pelatihan yang dihadiri oleh 7 orang peserta ini berjalan menarik karena terjadi diskusi dua arah antara trainer dan peserta pelatihan. Kompetensi yang ingin dicapai dalam pelatihan ini bisa digunakan dalam bidang Human Resources Training di perusahaan. Dalam pandangan awam, trainer sering diartikan sebagai seseorang yang mahir berbicara dan bisa memengaruhi banyak orang. Anggapan itu tidak sepenuhnya salah, meski sebenarnya tugas utama seorang HR-Training adalah menyusun dan mendesain konsep pelatihan secara menyeluruh di perusahaan. Dalam pelaksanaannya, seorang HR-Training bisa dibantu oleh karyawan lain yang lebih berkompeten sebagai trainer.

Konsep pelatihan juga dibedakan bagi karyawan baru dan karyawan permanen. Untuk karyawan baru, pelatihan bersifat simulasi pekerjaan, atau dikenal dengan istilah on the job training. Setelah menyelesaikan tiap tahapan, perserta pelatihan akan diberikan ujian untuk mengukur kompetensi yang telah mereka kuasai. Sementara untuk karyawan permanen, pelatihan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi atau memberikan pemahaman terhadap sistem yang baru diterapkan dalam perusahaan.

Setiap pelatihan pasti membutuhkan analisa kebutuhan, oleh karena itu, seorang HR-Training harus jeli menentukan apa yang menjadi kebutuhan pengembangan bagi karyawan. Untuk itu, perlu dilakukan Training Need Analysis. Level pemberian intervensi pelatihan terbagi untuk individu, kelompok/divisi, dan organisasi secara keseluruhan. Intinya, setiap pelatihan harus benar-benar mengarah pada sasaran yang tepat dan terintegrasi dengan kebutuhan - progress, agar didapatkan pula hasil yang memuaskan dan berguna bagi kemajuan perusahaan.

"together we can do better..."

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative