Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Human Resources Officer Program Training

 

Pelatihan HROP ini memang sengaja didesain sebagai bagian dari training kompetensi untuk ranah bidang Human Resources (HR).  Berdasarkan career path/mapping di dalam organisasi perusahaan, untuk divisi HR minimal HRD/ karyawan yang dipersiapkan harus memiliki kompetensi di bidang HR.

 

Apabila anda ingin berpraktisi di bidang HR/HRD, minimal anda harus mengetahui dan memahami career path HRD di dunia kerja. Hal inilah yang nantinya akan membantu anda dalam memetakan & mengarahkan kompetensi skill anda di dunia HR. Kita tahu bahwa dunia HR sangat kompleks sekali, tidaklah cukup hanya mengandalkan latar pendidikan kita masing-masing (hukum, psikologi, manajemen, teknik industri, teknik informatika, dsb). Di dalam carrer path HRD tentu saja memiliki masing-masing spesifikasi kompetensi yang berbeda yang membutuhkan profesional skill untuk level-level tertentu (contoh: specialist). sebelum masuk ke penjelasan masing-masing kompetensi, mari kita lihat dulu contoh career path HRD secara sederhana ini.

 

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa HR Officer (HRO) adalah fungsi dasar pertama (awal) seorang yang ingin berkarir di bidang HR.  Secara struktural HRO adalah posisi level staff yang dipersiapkan untuk mendukung pelaksanaan fungsi HRD secara umum untuk menjalankan sistem HRMS (Human Resources Management System). Oleh karena itu, untuk seorang HRO minimal karyawan harus mengetahui dan memahami HRMS sistem mulai dari sistem perencanaan dan rekrutmen SDM sampai dengan sistem terminating.

Kompetensi untuk HRO sangat kompleks dengan latar pendidikan yang sudah dipaparkan di atas, hal ini tergantung pada sistem manajeme talenta di masing-masing perusahaan yang nantinya akan diproyeksinya di posisi dan level mana? (mapping area div.).  Misalnya untuk seorang "psikologi", yang akan dipersiapkan untuk mendukung fungsi rekrutmen dan seleksi,  seorang yang berlatarbelakang ilmu "hukum" yang nantinya akan dipersiapkan untuk melaksanakan fungsi legal ketenagakerjaan,  atau seorang teknik "informatika" yang nantinya dipersiapkan untuk mendesain HRIS (Human Resources Information System).

Dalam pelatihan kompetensi ini, peserta akan belajar mengenai, " bagaimana memahami dan membangun sistem HRMS secara struktural, fungsional dan managerial? oleh karena itu konteksnya adalah maka kita harus menguasai "vision & strategy of HRM,

·         HR vision tentu saja berkaitan dengan : management value & system, mision & vision coorporate", organizational culture,  dll.

·         HR startagy, mencakup : Planning , Utilizing, Developing, Rewarding, Maintaining, Terminating

 

Untuk beginner/fresh graduated, kami mencoba menjawab tantangan kebutuhan saat ini dibidang HR dengan mempersiapkan kompetensi dan skill disamping rekan-rekan semuanya telah memiliki pengetahuan/literature tentang HR. Hampir sebagian besar rekan saya bertanya mengenai apa yang sebenarnya perlu dipersiapkan untuk bisa masuk di divisi HR? yang menentukan bukan lagi inteligensi atau hasil belajar dengan standard signifikan yang tinggi, diperlukan suatu kompetensi dan skill untuk bisa memenuhi kebutuhan organisasi/jabatan.

Untuk para praktisi, kami mencoba memberikan konsep praktis dan strategis dalam pengelolaan SDM melalui sistem HRM. Kami memberikan ruang konsultansi HR sistem dalam konteks struktural, fungsional dan managerial. Dan anda adalah mitra kami dalam pengembangan asset SDM.

Oleh karena itu aktivitas fungsi HRD tidak bisa lepas dari jalannya sistem HRMS yang didesain secara berkesinabungan untuk mengoptimalkan peran organisasi (hal: SDM) secara efektif, efisien, dan maksimal.

MATERI PELATIHAN

1.   Pengantar tentang Human Resources

2.   Pemahaman career path HRD

3.   Peran Strategis HR dalam organisasi & pengembangan bisnis

4.   Implementasi Human Resources Management System

-       HR Planning

-       Penilaian kinerja

-       Training & Career Development

-       Sistem rewarding

-       Industrial relationship

5.   The Power Of Human Capital

6.   Studi kasus HR di perusahaan-perusahaan

TARGET PELATIHAN

  1. Mampu mendesain career path HRD
  2. Mampu memahami dan pembuatan prosedur pengelolaan SDM
  3. Mampu membuat perencanaan SDM termasuk proses seleksi
  4. Mampu memahami peran fungsional dan managerial HR
  5. Mampu memahami langkah strategis HRMS
  6. Mampu memahami implementasi Human Capital untuk pengembangan strategis perusahaan

SASARAN

  1. Fresh Graduate/New Employee
  2. HRD perusahaan
  3. MR Perusahaan
  4. Coorporate Secretary
  5. CEO Perusahaan
  6. Administration Officer
  7. Others position

 

Kami telah menyelenggarakan pelatihan berbasis HROP dengan beberapa batch disetiap bulannya secara periodik, seperti: 

 

ice breaking sesion

peserta training

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative