Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Mempersiapkan Kompetensi Jabatan HRD Sesuai SKKNI

Public Workshop 

MEMPERSIAPKAN KOMPETENSI JABATAN HRD SESUAI SKKNI

 

PENGANTAR MATERI

Kompetensi jabatan menjadi faktor penentu utama dalam menentukan keberhasilan seseorang dalam melaksanakan tuntutan jabatan sesuai dengan tujuan jabatan.  Kompetensi jabatan harus dipenuhi oleh seseorang yang memiliki kualifikasi jabatan tersebut agar dapat bekerja dengan optimal. Begitupula dengan jabatan HRD, maka seseorang yang menduduki jabatan tersebut diharuskan memiliki kompetensi HRD sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. 

Pemerintah melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 307 tahun 2014 telah menetapkan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Oleh karena itu kompetensi jabatan HRD wajib mengacu standar kompetensi yang terdapat didalam SKKNI tersebut.  SKKNI menjadi patokan kualifikasi yang harus dimiliki oleh seseorang yang menjabat sebagai HRD ataupun bidang SDM.  Seseorang yang menduduki jabatan sebagai seorang HRD, sesuai dengan SKKNI minimal harus menguasai 9 (sembilan) kompetensi inti/utama jabatan HRD dengan mempelajari, memahami dan mengimplentasikan didalam organisasi.

Sebagai acuan dalam pembelajaran maupun pengembangan karir untuk jabatan HRD, maka pemerintah melalui Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia No. 435 tahun 2015 telah menetapkan jenjang Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Sumber Daya Manusia (SDM).  KKNI tersebut membagi kualifikasi kompetensi HRD sesuai level golongan jabatan.  Sehingga dengan mudah kita dapat mempelajari kompetensi jabatan yang wajib dipenuhi untuk HRD staf, HRD Supervisor dan HRD Manager.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN 

  1. Mempelajari dan memahami SKKNI jabatan HRD yang telah ditetapkan pemerintah yang terdiri dari beberapa kompetensi utama bidang SDM
  2. Mempelajari topik materi dari strategi & perencanaan SDM, merekrut SDM, mengembangkan organisasi, pengembangan SDM, mengelola SDM dan karir, mengelola administrasi HR dan sampai dengan mengelola hubungan industrial yang harmonis sesuai dengan SKKNI.
  3. Memberikan pengetahuan kepada peserta yang akan berkarir sebagai HRD peusahaan agar memiliki gambaran tentang implementasi HR di perusahaan sesuai dengan SKKNI.
  4. Memberikan pengetahuan kepada peserta yang saat ini bekerja sebagai HRD perusahaan agar memiliki gambaran karir bidang HRD sesuai dengan persyaratan kompetensi masing-masing level jabatan dari staf, supervisor dan manager sesuai dengan SKKNI
  5. Memberikan pengetahuan dan kesiapan peserta yang saat ini sebagai praktisi HRD di perusahaan agar kedepannya dapat mempersiapkan diri untuk mengambil sertifikasi kompetensi HRD yang nantinya diujikan oleh lembaga sertifikasi untuk mendapatkan pengakuan berupa sertifikasi kompetensi HRD dari BNSP.

 

SASARAN PESERTA

Mahasiswa yang akan berkarir sebagai HRD, Staf HRD, Supervisor HRD, Asisten Manager HRD, Manager HRD, Kepala Divisi HRD, Praktisi HRD, Direktur HRD serta peserta yang akan mengambil sertifikasi kompetensi HRD dari BNSP

 

MATERI UMUM PEMBELAJARAN

  1. Strategi & perencanaan SDM (Human resources strategic & planning)
  2. Perencanaan, seleksi dan penempatan SDM (Recruitment management system)
  3. Pengembangan organisasi (Organizational development)
  4. Pembelajaran dan pengembangan SDM (Learning & development)
  5. Manajemen talenta (Talent management)
  6. Manajemen karir (Career management)
  7. Manajemen kinerja & remunerasi (Performance management & remuneration system)
  8. Hubungan industrial (Industrial relation)

 

JADWAL PELAKSANAAN

Sabtu, 16 Februari 2018, pk. 09.00 - 16.00 WIB

Di Jakarta 

 

" together we can do better ... "

  

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative