Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Peningkatan Kompetensi Interviewer untuk Level Leader Menggunakan Teknik Behavioral Event Interview (BEI) pada Program Inhouse Training dengan Perusahaan Mitra Kami

Oleh. Rocky Valentino, M.Psi., Psikolog

Kebutuhan kompetensi dalam bidang interview tidak hanya wajib dikuasai oleh departemen HRD saja.  Namun seiring dengan perkembangan tuntutan praktisi dalam pengelaolaan SDM, maka para level leader perlu memiliki peningkatan kompetensi tersebut sebagai seorang interviewer.  Kebutuhan wawancara memang sangat tinggi dalam aplikasi proses kerja di dalam perusahaan.  Interaksi orang-orang di dalam perusahaan menyebabkan alur komunikasi organisasi menjadi suatu hal yang patut diperhatikan.  Tuntutan seorang leader untuk dapat mengambil suatu keputusan terkait pekerjaan, tentu saja harus didasari dengan metode yang tepat dalam melakukan analisa , diagnosis maupun penggalian data-data yang bersifat obyektif.  Salah satu penggalian data-data secara obyektif dapat menggunakan teknik wawancara.

Melihat dasar kebutuhan tersebut, ternyata dialami oleh mitra perusahaan kami akan adanya GAP penguasan wawancara di tempat kerja.  Wawancara formil yang bersifat subyektif sering ditemukan dalam proses kerja mereka.  Namun untuk esensi ataupun obyektivitas dari tujuan dan data yang didapat, pada umumnya mereka belum mampu melakukannya secara sistematis, serta belum optimalnya teknik penggalian melalui pertanyaan-pertanyaan yang bersifat behavioral.

Dalam INHOUSE pelatihan dengan mitra perusahaan kami yang bergerak di bidang group retail and fashions, maka kami memberikan topik implementasi wawawancara di tempat kerja dengan lingkup “ Behavioral Event Interview (BEI) for Leader”.  Topik tersebut merupakan salah satu teknik wawancara berdasarkan pengalaman perilaku yang dialami oleh seseorang secara sistematis dan dapat diukur secara obyektif melalui pertanyaan-pertanyaan berbasis perilaku.  Peserta pelatihan tersebut adalah dari level GM store, Manager store, HRD division dan level supervisor

Pemberian materi oleh trainer lebih fokus pada kebutuhan praktek di lapangan dengan dasar presentatif yang dibangun secara komunikatif.  Materi aplikatif yang diberikan mencakup kebutuhan wawancara untuk level leader, Lingkup aplikasi wawancara dalam level individu, kelompok dan organisasi, Startegi dan teknik wawancara BEI, Praktik perancangan kompetensi kebutuhan wawancara, Wawancara kebutuhan organisasi, dan praktik wawancara situasional.  Output dari program pelatihan ini adalah para peserta dapat mempraktekannya dan menerapkan dalam lingkup unit kerja di perusahaan.

Peserta terlihat sangat antusias dalam memperhatikan presentasi trainer, serta saling berbagi informasi dan pertanyaan terkait dengan lingkup wawancara yang ideal dilakukan sesuai dengan budaya kerja di perusahaan tersebut.  Peserta juga terlihat dinamis ketika proses Small Group Activities (SGA) dalam berdiskusi perancangan kompetensi kebutuhan wawancara, dan mempraktekannya di depan serta melakukan penilaian (judgement) sesuai standar kompetensi wawancara yang dibuat.  Output dari INHOUSE training ini adalah mereka memiliki bekal ketrampilan dalam penyusunan kebutuhan wawancara di tempat kerja dan dapat melakukan penilaian secara obyektif dan terstandar.

 Semoga bermanfaat, “together we can do better ...”

 

Legalitas Kantor Kami

 

Guna Memenuhi pelayanan jasa konsultansi kami untuk mitra kami di seluruh indonesia, maka kami informasikan terkait dengan aspek legalitas kami sejak berdiri dan berkembang sampai sekarang.  Aspek legalitas kami tentu saja menyangkut perijinan pelayanan kantor di wilayah Yogyakarta.  Kami berdiri dari tahun 2010 dan terus tumbuh berkembang melayani jasa konsultansi lingkup pengelolaan SDM.

Adapun legalitas perijinan yang kami miliki, antara lain:

  1. Perijinan HO  (Lama) Nomor 0892/1469.UH/2010 - 4283/12 dengan alamat di Jalan Sukonandi No. 19 Semaki Umbulharjo Yogyakarta.
  2. Perijinan HO (Baru) Nomor  503/011457.68.13/HO/2013 dengan alamat di Jalan Raya Ngalangan, Ngalangan RT 002/041 Ngaglik, Sleman, DIY.
  3. NPWPD Nomor 14772/2.4/2010 Solution Powerindo Consulting
  4. NPWP Nomor  47.238.300.9-5.
  5. Surat Ijin Usaha Perdagangan (SIUP) Solution Powerindo Consulting, Nomor 503/010227/Mkr./XII/2013.
  6. Tanda Daftar Perusahaan (TDP) Nomor 120258506724 dengan nama perusahaan Solution Powerindo Consulting

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative