Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Pelaksanaan Training Need Analysis (TNA)

 

Salam sejahtera untuk pengembangan SDM di organisasi anda.  Metode pelatihan berperan secara fungsional dalam mengelola dan mengembangkan aset perusahaan berupa SDM (Manusia). Proses pelatihan tidak bisa terlepas dari kebutuhan training. Berangkat dari kebutuhan training (TNA) kita akan mendesain training yang mengarah pada target, sasaran, dan fungsi strategis serta adanya progress dalam individu tersebut.

Metode pelatihan berperan secara fungsional dalam mengelola dan mengembangkan aset perusahaan berupa SDM (Manusia). Proses pelatihan tidak bisa terlepas dari kebutuhan training. Berangkat dari kebutuhan training (TNA) kita akan mendesain training yang mengarah pada target, sasaran, dan fungsi strategis serta adanya progress dalam individu tersebut.

Metode pelatihan berperan secara fungsional dalam mengelola dan mengembangkan aset perusahaan berupa SDM (Manusia). Proses pelatihan tidak bisa terlepas dari kebutuhan training. Berangkat dari kebutuhan training (TNA) kita akan mendesain training yang mengarah pada target, sasaran, dan fungsi strategis serta adanya progress dalam individu tersebut.

Sebelum memulai pelatihan, idealnya yang dilakukan adalah analisis kebutuhan pelatihan. Secara umum analisis kebutuhan pelatihan didefinisikan sebagai suatu proses pengumpulan dan analisis data dalam rangka mengidentifikasi bidang-bidang atau faktor-faktor apa saja yang ada di dalam perusahaan yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki agar kinerja pegawai dan produktivitas perusahaan menjadi meningkat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperoleh data akurat tentang apakah ada kebutuhan untuk menyelenggarakan pelatihan.

Jika ditelaah secara lebih lanjut, maka analisis kebutuhan pelatihan memiliki beberapa tujuan, diantaranya adalah:

  • memastikan bahwa pelatihan memang merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja pegawai dan produktivitas perusahaan
  • memastikan bahwa para peserta pelatihan yang mengikuti pelatihan benar-benar orang-orang yang tepat
  • memastikan bahwa pengetahuan dan ketrampilan yang diajarkan selama pelatihan benar-benar sesuai dengan elemen-elemen kerja yang dituntut dalam suatu jabatan tertentu
  • mengidentifikasi bahwa jenis pelatihan dan metode yang dipilih sesuai dengan tema atau materi pelatihan
  • memastikan bahwa penurunan kinerja atau pun masalah yang ada adalah disebabkan karena kurangnya pengetahuan, ketrampilan dan sikap-sikap kerja; bukan oleh alasan-alasan lain yang tidak bisa diselesaikan melalui pelatihan
  • memperhitungkan untung-ruginya melaksanakan pelatihan mengingat bahwa sebuah pelatihan pasti membutuhkan sejumlah dana.

Sebelum menentukan metode yang akan digunakan dalam pengumpulan data, maka perlu dipikirkan sumber-sumber data yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kebutuhan pelatihan. Sumber-sumber data tersebut diantaranya adalah:

·         Riset atau survey (critical incidents research, working climate survey, customer service survey, dsb)

·         Penilaian kinerja (performance appraisal)

·         Perencanaan karir pegawai

·         Perubahan prosedur kerja dan perkembangan teknologi

·         Perencanaan SDM

Jika faktor-faktor yang akan dianalisis sudah diketahui dan sumber-sumber data dapat ditentukan maka perancang program pelatihan dapat memilih beberapa metode pengumpulan data sebagai berikut:

1. Kuestioner

2. Obervasi

3. Wawancara

4. Focus group

5. Regular meeting

6. Mempelajari data perusahaan

7. Mempelajari uraian jabatan

8. Membentuk kelompok pakar/penasehat

Dengan memperhatikan hal-hal yang telah diuraikan diatas, besar harapan kita semua bahwa program pelatihan di perusahaan anda dapat kita susun melaui TNA serta dapat berlangsung sukses baik dalam pelaksanaannya maupun pada saat para karyawan kembali ke tempat kerja untuk menerapkan pengetahuan dan ketrampilan yang di peroleh ke dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Dengan melakukan analisis kebutuhan pelatihan secara sungguh-sungguh maka program pelatihan yang dirancang akan dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif.

Oleh karena itu kami dapat bermitra dengan perusahaan anda dalam melakukan analisa kebutuhan pelatihan (TNA) sesuai dengan kebutuhan di perusahaan, yaitu:

1.  TNA Makro

2.  TNA Mikro

OUTPUT YANG DIPEROLEH PERUSAHAAN

1.  Dokumen hasil TNA

2.  Rekomendasi Pelatihan

3.  Silabus Pelatihan

4.  Modul Pelatihan **  (sesuai kebutuhan mikro)

5.  Sosialisasi hasil

 

 

Jika anda tertarik dengan program pelaksanaan TNA kami di atas maka anda dapat menghubungi call center kami di 08510-8510040

Kami akan kirimkan propsal penawaran sesuai dengan kebutuhan, konsep dan anggran biaya pelaksanaan.

 

 

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative