Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Perancangan kamus kompetensi jabatan (KKJ)

   

Organisasi memiliki fungsi vital dalam penselarasan interaksi perangkat (sistem) dengan keterlibatan orang di dalamnya.  Peran SDM didalamnya menjadi modal penggerak yang dinamis dalam pencapaian tujuan. Dinamika perubahan jaman yang terus mengalami kemajuan maka akan berpengaruh terhadap perkembangan  organisasi.  Organisasi mengalami perkembangan disertai dengan arah perubahan yang lebih baik.  Robbins (2000) memaparkan bahwa perubahan yang terdapat didalam organisasi dipengaruhi oleh beberapa faktor.  Diantaranya nature of the workface, technology, economy shock, competition, social trends and work politic

Sumber Daya Manusia dipandang semakin besar peranannya bagi kesuksesan organisasi (Mathis dan Jackson, 2000).  Tantangan dan persaingan bisnis diantara perusahaan-perusahaan maju sudah menempatkan peranan vital karyawannya sebagai fungsi Human Capital bagi kelangsungan bisnis jangka panjang.  Manajemen yang berbasis pada fungsi pengelolaan SDM dikenal dengan konsep manajemen SDM.  Konsep manajemen SDM tidak hanya berfokus pada pengelolaan karyawan secara konvensional.  Fungsi strategis SDM pada perkembangan sekarang ini memiliki peran penting dalam kontribusinya pengembangan organisasi.

Optimalisasi organisasi dipengaruhi oleh peran manajemen SDM dalam pencapaian efektifitas dan pencapaian kinerja.  Peran fungsional manajemen SDM, menurut Mathis dan Jackson (2000) berfokus pada tiga pilar fungsi yaitu produktivitas, kualitas dan pelayanan.  Produktivitas berkaitan dangan peran efektif tenaga kerja dalam pencapaian output kerja.  Kualitas berkaitan dengan barang atau jasa yang dihasilkan untuk jangka panjang.  Pelayanan berkaitan dengan proses pemenuhan tujuan bisnis untuk perkembangan jangka panjang.  Orientasi pelayanan mengarah pada kepuasan konsumenmaupun pelanggan.

Kompetensi menjadi unsur penting dalam konsep pengembangan SDM.  Kompetensi berkaitan dengan pengetahuan, ketrampilan serta perilaku apa yang perlu dimiliki oleh karyawan di masing-masing jabatannya.  Idealnya pada masing-masing level jabatan didalam organisasi harus memiliki standar kompetensi.  Hal tersebut tentu akan membantu peran fungsi dari pengembangan SDM yang terarah dalam peningkatan performa organisasi.  Mathis dan

Jackson (2000) menuliskan bahwa salah satu faktor penting dalam sistem manajemen sumber daya manusia agar dapat membangun sistem yang sesuai untuk mencapai kinerja perusahaan, dibutuhkan kompetensi utama jabatan dan karyawannya. Kompetensi didefenisikan sebagai karakteristik yang mendasari seseorang dan berkaitan dengan efektifitas kinerja individu dalam pekerjaannya (Spencer dan Spencer, 1993). Sistem kompetensi adalah sebagai alat penentu untuk memprediksikan keberhasilan kerja seseorang pada suatu jabatan. 

Sistem Manajemen SDM berbasis kompetensi dikenal dengan istilah Competency Based Human Resources Management (CBHRM).  CBHRM adalah sistem pengelolaan dan pengembangan SDM berbasis kompetensi. (Ulrich, 1997)  Sistem ini ini mengintegrasikan pilar-pilar kunci dalam proses manajemen SDM, mulai dari proses seleksi, pelatihan dan pengembangan, manajemen kinerja, pengembangan karir, sistem promosi, suksesi jabatan dan sistem kompensasi.  Dengan demikian maka sistem kompetensi menjadi hal penting yang memiliki nilai aplikatif dalam pengembangan organisasi.  

A.   TUJUAN PERANCANGAN SISTEM KOMPETENSI

  1. Melakukan perancangan sistem kompetensi jabatan berupa model, matrik, standar dan kamus kompetensi sesuai dengan kebutuhan organisasi.
  2. Melakukan perancangan aplikatif dalam penselarasan sistem manajemen SDM yang berbasis kompetensi untuk pengembangan SDM.
  3. Melakukan perancangan system kompetensi yang dapat diaplikasikan langsung didalam perusahaan mitra sesuai dengan kebutuhan dan kondisi perusahaan.
  4. Mendapatkan system kompetensi jabatan yang komprehensif sesuai dengan kebutuhan kinerja organisasi, kelompok, maupun individual.

B.    MANFAAT  PERANCANGAN SISTEM KOMPETENSI

  1. Organisasi memiliki manual uraian deskripsi pekerjaan secara lengkap memuat fungsional jabatan, tugas pokok, tugas tambahan, wewenang, hubungan kerja, kualifikasi umum dan standar  kompetensi jabatan didalamnya.
  2. Organisasi memiliki rancangan sistem kompetensi jabatan sebagai dasar didalam standar kualifikasi seleksi SDM.
  3. Organisasi memiliki rancangan matrik kompetensi jabatan sebagai dasar di dalam pengembangan SDM, baik jenjang karir maupun kebutuhan pelatihan.
  4. Organisasi memiliki rancangan sistem kompetensi jabatan sebagai dasar didalam menselaraskan system rewarding dan remunerasi.
  5. Obyektivitas core value kompetensi masing-masing jabatan menjadi lebih sistematis dan terstruktur sebagai standar jabatan.

 METODE & TEKNIS PELAKSANAAN

  1. Observasi, level organisasi – kelompok – individu.
  2. Analisis dokumen  job description
  3. Wawancara jabatan
  4. Analisis kuantitatif
  5. Kuesioner/skala

OUTPUT / HASIL YANG DIPEROLEH PERUSAHAAN

  1. Model kompetensi perusahaan, yang terdiri dari kompetensi utama dan kompetensi jabatan
  2. Matrik kompetensi
  3. Standar ukuran kompetensi
  4.  Kamus kompetensi yang terdiri dari definisi praktis
  5. Program sosialisasi hasil perancangan kompetensi kepada manajemen
  6. Program training untuk supervisor dalam aplikasi penerapan diilapangan
  7. Laporan progress pelaksanaan

 

Untuk kebutuhan perancangan sistem kompetensi di perusahaan anda, silahkan kontak operational service officer kami di 08510-8510040.

Kami akan kirimkan proposal penawaran serta TOR pelaksanaan dan siap melakukan implementasi secara sistematis.

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative