Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Belajar Tentang Intelligence Structure Test (IST) dan Cari Tahu Tips Pengerjaannya!

 

Oleh. Nanda Dwi Parka Disilva

IST (Intelligence Structure Test) merupakan salah satu tes psikologi yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat intelegensi seseorang. IST dikembangkan oleh Rudolf Amthauer seorang psikolog di Jerman pada tahun 1953. Dalam aplikasinya, IST banyak digunakan di bidang industri (seleksi kerja) dan di bidang pendidikan (penjurusan). Penyajian IST dapat dilakukan secara klasikal maupun individual.

Dalam aplikasi dunia industri, IST dipakai dalam proses rekrutmen dan seleksi. Salah satu tujuan penggunaan IST dalam proses rekrutmen adalah untuk mengukur potensi kecerdasan individu(SDM).Aspek-aspek yang dapat diungkap dalam tes IST diantaranya kemampuan bahasa verbal, kemampuan berhitung, kemampuan menyusun bentuk dan ruang serta kemampuan memori, dan lain-lain.

Dalam implementasi bidang rekrutmen SDM sering dijumpai penggunaan tes IST. Padahal IST bukan satu-satunya pilihan alat tes yang mengukur kemampuan intelegensi seseorang, ada juga tes TIU, TIKI, TKD, APM, SPM, CFIT dan lainnya. Yang menjadi pertimbangan penggunaan IST dalam proses rekrutmen adalah aspek-aspek yang diungkap lebih kompleks. IST terdiri dari 9 subtest (aspek). Penggunaan IST harus disajikan dalam satu rangkaian waktu secara terstruktur dan tidak terpisah. 

Apabila anda menghadapi tes IST, persiapan yang perlu dilakukan yaitu istirahat yang cukup sebelum menghadapi tes tersebut, serta fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan tes ini. Tentu saja kondisi psikologis sangat berperan penting dalam proses pengerjaan tes.  Dibutuhkan ketenangan dan konsentrasi dalam pengerjaan tes ini.  Anda bisa bayangkan bagaimana jika anda terlambat datang untuk tes? anda terburu-buru? anda tidak membawa alat tulis atau hal lainnya? pasti kondisi psikologis anda sedang tidak nyaman.  Anda bisa bandingkan jika anda datang 30 menit sebelum waktu yang ditentukan, anda melihat ruangan supaya tenang, anda siap dengan persiapan alat tulis yang lengkap. Dan yang terpenting adalah anda bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang dapat menekan anda karena tes seleksi tersebut. Untuk  dapat menyesuaikan diri dengan cepat, salah satu tipsnya adalah anda bisa mengajak rekan untuk menemani menuju tempat tes ataupun menunggu sampai jadwal tes dimulai.  Jika anda datang sendirian, anda bisa membangun interaksi terlebih dahulu dengan peserta lain supaya tenang dan nyaman di kondisi tersebut.

Dalam tes IST, waktu yang diberikan untuk pengerjaan sangat terbatas. Aspek terpenting lainnya adalah mendengarkan instruktur memberikan instruksi sehingga tidak terjadi kesalahan dalam pengerjaan ataupun tidak bisa mengerjakan tes karena kebingungan. Tetap tenang dan tidak perlu melihat jawaban orang lain karena yang diukur adalah inteligensi anda sendiri bukan orang lain.Dan jangan lupa berdoa agar diberikan kemudahan dan kelancaran. Semoga bermanfaat J

“together we can do better”

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative