Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Pelatihan Peningkatan Skill Kompetensi Rekrutmen Untuk HR Rekrutmen

 

Oleh. Nanda Dwi Parka Disilva

Persaingan antar SDM di era globalisasi sangat ketat, khususnya pada bidang HR-Recruitment. Untuk membantu meningkatkan kompetensi SDM, Solution Powerindo Consulting mengadakan training kompetensi HR-Recruitment khusus Psikologi. Pelatihan recruitment specialist program khusus psikologi diadakan dua hari berturut-turut pada tanggal 18 dan 19 Januari 2014 bertempat di mawar asri hotel. Tujuan training ini adalah memberikan wawasan kepada peserta untuk memahami career path of HRD secara struktural dan fungsional, memahami sistem manajemen recruitment, sistem seleksi berdasarkan kompetensi, psychological testing, aplikasi IST, tes Pauli, dan tes Kraeplin serta matriks kebutuhan recruitment dan seleksi SDM. Peserta pelatihan berjumlah 18 orang  berasal dari beberapa mahasiswa universitas, lulusan psikologi, dan pegawai salah satu instansi. 

 

Hari pertama training 18 januari 2014 dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan dibuka oleh Co-Trainer yang memberikan ice breaking untuk peserta. Materi pembukaan training yaitu wawasan mengenai HR-Recruitment dimulai dari latar belakang recruitment, sistem recruitment di perusahaan maupun sistem recruitment konsultan. Peserta juga diberikan pemahaman mengenai prinsip dasar recruitment yaitu sebagai gerbang awal dari proses penjaringan aset-aset SDM yang berkompeten dengan kualifikasi perusahaan, misalnya potential people, people competences, dan right qualification. Materi selanjutnya yang diberikan yaitu recruitment manajemen sistem dengan memahami konsep recruitment secara implementatif, memahami lingkup proses recruitment secara metodologis serta memahami implementasi alat tes yang digunakan dalam proses recruitment. Pada dasarnya recruitment perlu melakukan perencanaan yaitu ManPower Planning System (MPP) untuk mengetahui kebutuhan SDM yang sesuai dengan standar kebutuhan jabatan (job requirement), selanjutnya melakukan seleksi baik secara internal maupun eksternal, calon SDM yang telah sesuai dengan kebutuhan jabatan akan dilakukan orientasi sistem dan penempatan sesuai dengan kompetensi SDM. Penutup materi hari pertama peserta diberikan materi alat tes IST sebagai salah satu alat pengukuran seleksi SDM. 18 peserta terbagi menjadi 2 kelompok kecil (small group activity) dengan dibimbing oleh co-trainer. Dalam kelompok kecil peserta diberikan materi dan sharing seputar IST yaitu dari prosedur pelaksanaan dimulai dari persiapan sampai pelaksanaan. Beberapa peserta akan maju untuk memberikan instruksi pelaksanaan IST kepada peserta lain.

Hari kedua training 19 januari 2014 dimulai pada pukul 09.30 WIB dengan dibuka oleh co-trainer dan memberikan ice breaking kepada peserta. Materi pembuka pada hari kedua yaitu materi IST dan implementasi pengukuran kompetensi kebutuhan recruitment. Peserta mendapat pemahaman mengenai bagaimana cara merancang kompetensi untuk kebutuhan seleksi, pertama melalui identifikasi jobdesc, kedua membuat mapping matrik kebutuhan kompetensi, ketiga membuat standar kompetensi sesuai dengan level jabatan, dan terakhir menentukan tools pengukuran. Alat tes di hari kedua yaitu tes Pauli dan Kraeplin. Pada materi tes Pauli dan tes Kraeplin peserta dibagi menjadi dua kelompok dengan dibimbing oleh tiga co-trainer. Pada materi tes Pauli dan Kraeplin peserta diberikan pemahaman dari sejarah tes Kraeplin dan tes Pauli serta implementasi tes Kraeplin dan tes Pauli dalam pengukuran/asesmen pada proses recruitment .

Dalam training ini pada materi alat tes IST, Kraeplin, dan Pauli peserta tidak hanya mendapatkan pemahaman dalam materi saja, tetapi pemahaman bagaimana cara melakukan proses skoring. Hal ini diharapkan dapat membantu peserta mengetahui secara metodologis bagaimana cara skoring yang digunakan pada saat recruitment. Training ini tidak hanya sebatas materi seputar dasar dari recruitment management system, alat tes IST, Kraeplin, Pauli, cara skoringan, tetapi juga peserta diberikan pemahaman dalam hasil/output asesmen recruitment. Ada beberapa model pelaporan yang ditunjukkan pemateri kepada peserta dan model psikogram tersebut adalah model aplikatif yang biasa dipakai di beberapa perusahaan.

Pelatihan ini diharapkan mampu menjembatani peserta antara kompetensi yang diberikan melalui perlatihan terhadap implementasi sistem recruitment, dan nantinya peserta diharapkan mampu menyusun perencanaan kebutuhan SDM melalui ManPower Planning (MPP), Perencanaan proses seleksi SDM yaitu schedule rekrutmen, penyusunan kebutuhan kompetensi Jabatan, Pengelolaan sosialisasi kebutuhan SDM melalui Job-Posting, Melakukan pengelolaan sistem informasi data base manajemen perekrutan, melaksanakan seleksi berkas/administration selection, merencanakan dan melaksanakan pemanggilan kandidat yang memenuhi pra-kualifikasi, melaksanaakan penerapan form-form rekrutmen sesuai dengan standar  sistem HR/Perusahaan.

"together we can do better ... "

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative