Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Mengenal seluk beluk dunia Interviewer melalui Training on Talent for Interviewer based Human Resources 29 Desember 2013

 

Oleh. Windya Puspitasari HS, S.Psi

Training Talent for Interviewer adalah salah satu training kompetensi di bidang managemen SDM atau sering disebut sebagai Human Resources. Mungkin Anda tidak asing dengan kata-kata Interview, Interviewer, maupun Interviewee. Namun apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan Talent for Interviewer? Okay, mari kita simak sekilas tentang Training Talent for Interviewer.

Training Talent for Interviewer ini diadakan pada tanggal 29 Desember 2013 di Hotel Mawar Asri Yogyakarta. Pilihan tepat bagi peserta yang tentunya ingin melakukan hal bermanfaat untuk menutup tahun 2013. Diskusi ringan terkait dunia industri dan talent for interviewer mengawali Training yang dimulai pukul 10.00 WIB ini. Lalu apa saja yang dibahas dalam Training Talent for Interviewer ini? Tenang saja, bagi Anda yang belum berkesempatan untuk ikut dalam Training ini, Anda bisa menyimak sedikit ulasannya, check it out!

 

Pengenalan kembali tentang Interviewer For HR   menjadi materi awal dalam Training ini. Dimana interview merupakan salah satu metode yang harus dikuasi oleh seorang HR. Sesuai dengan fungsinya, interview adalah percakapan yang memiliki tujuan tertentu dan dilakukan oleh dua pihak guna mendapatkan beberapa informasi. Dalam hal ini interview yang dilakukan adalah untuk kepentingan seleksi dan rekrutmen, promosi, kebutuhan pelatihan, sampai pada interview untuk pengembangan organisasi. Interview sendiri memiliki beberapa tahapan yaitu desain, proses interview itu sendiri kemudian repport atau laporan hasil interview. Jadi, mengapa interview menjadi sangat penting? Mengapa interview merupakan cara yang selalu dilakukan oleh hampir setiap perusahaan dalam proses rekrutmen dan seleksi? Ya, benar sekali, karena interview berperan dalam penggalian informasi yang mendalam serta mendetail yang didapatkan langsung dari narasumbernya, yaitu calon karyawan atau karyawan yang dipromosikan tanpa dibatasi oleh faktor usia. Informasi disini adalah informasi terkait cara mereka menghadapi dan menyelesaikan tugas beserta masalahnya, bagaimana mereka bersikap dan banyak lagi kompetensi-kompetensi yang dapat diukur. Nah, seorang HRD yang menjadi interviewer dapat mencocokan informasi tersebut dari surat lamaran dan CV yang dikirim ke perusahaan serta dari hasil psikotest si calon karyawan. Jadi, pada proses pengambilan keputusan akhirnya nanti apakah si calon karyawan tadi akan diterima atau tidak, dapat dilihat apakah sesuai antara hasil test tertulis dengan performa saat interview.

Namun ada pula hal-hal yang bisa mempengaruhi efektivitas interview yang bisa dilakukan oleh seorang HRD, dan harus dihindari, yaitu personal bias, hallo effect, judgment, tidak bisa membedakan mana opini dan fakta, pertanyaan yang mengarah pada jawaban yg diinginkan interviewer, dan ada juga lho interviewer yang sempat-sempatnya menyombongkan diri di sela-sela wawancara atau semacam melakukan percakapan sosial dengan interviewee. Dalam Training ini juga dijelaskan tentang kombinasi yang efektif dalam sebuah interview, baik secara individual maupun group. Dalam individual interview, satu (1) orang interviewer sebaiknya dapat mewawancarai satu (1) orang interviewee. Sedangkan dalam group interview, dua (2) orang interviewer dapat mewawancarai satu (1), dua (2) orang interviewee atau lebih. Dan juga dua (2) orang interviewer dapat mewawancarai satu (1) orang interviewee, kembali lagi disesuaikan dengan kebutuhan interview saat itu. Dan masih banyak lagi materi terkait dunia interviewer dalam Training Talent for Interviewer ini. Bagaimana? Menarik bukan? Yuk, mari lanjut!

Dalam Training ini metode interview difokuskan pada Behavioral Event Interview (BEI). Apakah BEI itu? Seperti apa prosesnya? Okay, disimak ya. Behavioral Event Interview (BEI) adalah metode interview yang telah disusun untuk mengukur sejauh mana performa seseorang untuk menduduki pekerjaan tertentu, terntunya dengan standar yang juga telah ditentukan. Dalam metode BEI, pertanyaan yang dikeluarkan bukanlah lagi seperti “Apa kelebihan dan kekurangan Anda?” atau “Apa itu teamwork menurut Anda?”. Namun pertanyaan yang muncul dalam metode BEI adalah seperti  “bisakah anda ceritakan keputusan apa yang paling sulit anda buat dalam setahun terakhir?” atau “apakah anda pernah mengikuti kegiatan organisasi (atau bisa juga tentang pekerjaan terakhir)? Apa saja yang sudah anda kerjakan saat itu?”. Apakah Anda bisa melihat perbedaan dari pertanyaan-pertanyaan diatas? Ya, benar sekali. Metode BEI akan menghasilkan jawaban-jawaban yang dapat menunjukan performa si calon karyawan, bagaimana ia bekerja, bagaimana ia menyelesaikan tugas dan masalahnya, bagaimana pola berpikirnya, dan banyak lagi secara mendetail. BEI juga dapat digunakan untuk meramalkan perilaku si calon karyawan di masa mendatang. Lho, bagaimana bisa? Mengapa demikian? Ya, karena dalam metode BEI sudah disusun terlebih dahulu standar penilaian yang memuat kompetensi-kompetensi apa saja yang ingin dinilai dan dibutuhkan pada posisi tersebut. Jadi, tidak ada lagi calon karyawan yang hanya menggambarkan dirinya sebagai seorang yang bermotivasi tinggi, dapat bekerja dalam team, dan sebagainya. Melalui metode BEI, interviewer dapat melihat secara jelas apa yang sudah dan akan dilakukan si calon karyawan tersebut. Lebih efektif dan efisien, bukan?

Nah, dalam Training talent for Interviewer ini peserta tidak hanya mendengarkan materi saja, namun peserta juga mempraktikan langsung bagaimana menjadi seorang interviewer, dari mulai membuat standar kompetensi yang akan dinilai, kemudian melakukan wawancara, sampai pada bagaimana cara melaporkan hasil interview tersebut. Dan, ada forum evaluasi tentang praktik yang dilakukan lho, dimana sesama peserta diperbolehkan memberi kritik dan masukan. Canda, tawa serta mimik wajah serius dari peserta silih berganti mewarnai training hari itu. Selain itu ada juga games sederhana yang diberikan kepada peserta untuk mencairkan suasana namun juga tetap menuntut peserta untuk tetap fokus.

Training talent for interviewer pada tanggal 29 Desember 2013 diakhiri dengan foto bersama sebagai kenang-kenangan bagi peserta dan juga tim Publik Training SPC. Terima kasih telah bergabung bersama kami dan semoga apa yang telah kami sharing-kan dapat memberikan manfaat bagi rekan-rekan peserta serta bagi kami.

 

 

“together we can do better”

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative