Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Apa Sajakah Yang Didapat Di Dalam Safety Officer Program Training Kami Tanggal 22 Desember 2013?

 

Oleh. Tharen Akla Haadi

Pada tanggal 22 Desember 2013 Solution Powerindo Consulting (SPC) mengadakan sebuah training dengan tema yang sangat menarik yaitu Safety Officer Training (SMK3).  Pelatihan yang diadakan di Mawar Asri Hotel ini diikuti oleh peserta sebanyak 20 orang . Latar belakang peserta yang mengikuti training ini pun berbeda-beda mulai dari mahasiswa S1, mahasiswa S2, fresh graduate, hingga pegawai perusahaan.

Training diawali dengan pengenalan profil SPC secara singkat sebagai pembuka yang difasilitasi oleh Sdr. Beek Rison selaku Co-Trainer. Setelah sesi pembukaan secara singkat, barulah training dimulai. Trainer dalam training SMK3 kali ini adalah Rocky Valentino  M. Psi. . Dengan konsep pembelajaran learning shared, pemateri menyampaikan beberapa materi training seperti penjelasan mengenai pengertian K3, komponen-komponen dalam K3, syarat-syarat untuk menjadi pekerja di bidang K3, dan bagaimana implementasi sistem manajemen K3 yang baik dalam sebuah perusahaan maupun dunia kerja.

 

Dalam penjelasannya, pemateri menyampaikan bahwa salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang safety officer adalah kemampuan identifikasi. Dalam dunia K3 disebut dengan safety identification. Safety identification adalah suatu aktivitas untuk mengidentifikasi (mengenali) potensi bahaya yang ada di tempat kerja serta mengendalikan (mengontrol) potensi bahaya yang telah diidentifikasi tersebut.

Dalam implementasi penyusunan program K3 untuk dapat menerapkan sistem manajemen K3, tentu saja diperlukan seorang profesional yang berkompeten di bidang K3. Hal ini juga yang sekaligus mendasari Solution Powerindo Consulting mengadakan training kompetensi ini.

Selain itu, pemateri juga menjelaskan mengenai apa saja resiko dalam sebuah dunia kerja berdasarkan jabatan dan tanggung jawab si pekerja itu sendiri. Resiko pekerjaan memang seringkali diremehkan oleh sebuah perusahaan hanya karena tidak mengerti bagaimana sebenarnya prosedural K3 yang baik itu seperti apa. Padahal jika ditelaah lebih lanjut, sebenarnya ruang lingkup K3 terdiri dari bagian yang saling berhubungan yaitu antara tenaga kerja, bahan, dan lingkungan. Ketiga bagian inilah yang sangat penting untuk benar-benar diperhatikan agar keselamatan dan kesehatan para pekerja lebih terjaga.

Dalam pelatihan safety officer ini, peserta juga diberikan simulasi kasus permasalahan yang berhubungan safety secara visual untuk dilakukan identifikasi. Kemudian setelah itu dilakukan analisa secara bersama sama menggunakan metode analisa yang praktis yang dipakai di perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan sistem manajemen K3 dengan baik. Dalam sesi terakhir training ini, peserta diajak untuk menganalisis kasus- kasus dalam ruang lingkup K3 dengan metode SGA (Small Group Activities). Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, dan diberikan instruksi dari trainer untuk membuat sebuah alat K3 dengan bahan-bahan yang telah disediakan oleh SPC.

Sesi terakhir ini membuat suasana pelatihan menjadi lebih akrab baik antar peserta maupun antara peserta dengan trainer dan co trainer. Setelah simulasi kasus, para peserta mempresentasikan hasil diskusi dari kelompok mereka dan mempresentasikan alat K3 yang mereka buat. Dalam sesi diskusi ini, peserta diajak untuk lebih kritis dan aktif untuk memberikan masukan-masukan. Dengan metode ini membuat peserta tidak hanya paham secara teori mengenai K3, namun juga memahami bagaimana implementasi dari pentingnya K3 itu sendiri.

Harapannya adalah dengan adanya training ini akan membuat para mahasiswa, fresh graduate, dan praktisi k3 menjadi lebih paham akan sistem manajemen K3 yang baik dan benar. Selain itu juga, diharapkan agar para peserta menjadi individu yang berkompeten dalam dunia perusahaan khususnya di bidang K3 itu sendiri.

“ together we can do better ... “

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative