Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Learning Shared Dalam Safety Officer Training (SM-K3): 22 Desember 2013

 

 Oleh. Nanda Dwi Parka Disilva

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) merupakan suatu hal yang sangat penting dalam implementasi di perusahaan. Terkadang hal kecil mengenai kesehatan dan keselamatan kerja (K3) bisa terlupakan, bahkan hal kecil tersebut dapat berakibat fatal buat pekerja/karyawan. Solution Powerindo Consulting kembali mengadakan agenda Safety Officer Training (SMK3) untuk SDM yang memiliki minat atau sedang bekerja dalam departemen K3. Pelatihan ini diadakan pada tanggal 22 Desember 2013 di hotel Mawar Asri. Peserta pelatihan berjumlah 20 orang sesuai dengan kuota yang dibuka, terdiri dari rekan-rekan mahasiswa serta sebagian yang sudah bekerja dalam bidang K3. Antusias peserta sangat baik, terlihat dari hasil observasi peserta dengan serius mendengarkan materi yang disampaikan serta komunikasi antara pemateri dan peserta tampak interaksi dua arah, sehingga peserta tidak hanya mendengarkan tetapi juga bertanya, dan memberikan pendapat mengenai lingkup implementasi kesehatan dan keselamatan kerja.

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) diatur dalam hukum pemerintah yaitu UU No. 1 tahun 1970 serta standar mutu manajemen ISO 14001, 18000. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan standar kompetensi untuk praktisi membangun sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (SM-K3) secara sistematis, terstruktur, dan implementatif serta materi yang disampaikan adalah materi kompetensi K3 untuk Safety Officer.

Materi yang disampaikan dimulai dari perkenalan dengan kesehatan dan keselamatan kerja, sistem manajemen K3, safety identification, komitmen K3, program-program K3, serta safety behavior. Materi-materi yang disampaikan berorientasi pada implementasi/penerapan dalam suatu pekerjaan. Metode yang digunakan oleh pemberi materi Rocky Valentino, M.Psi yaitu menggunakan metode learning shared. Metode ini bertujuan untuk berbagi pengalaman seputar hal-hal yang terjadi dalam lingkup kesehatan dan keselamatan kerja, selain pemateri peserta juga berbagi pengalaman seputar kesehatan dan keselamatan kerja kepada pemateri dan peserta lainnya. Selain learning shared  metode pembelajaran dalam pelatihan ini adalah SGA (Small Group Activity), dengan membagi peserta menjadi 5 kelompok, diharapakan peserta mampu membuat program-program K3 beserta cost (rincian dana). Metode SGA bertujuan untuk peserta dalam merumuskan program K3 secara bersama-sama dengan rincian yaitu nama program, tujuan program, cost program, serta diakhiri dengan diskusi antar peserta mengenai program yang telah dibuat.Dinamika SGA yang dapat dimunculkan yaitu inovasi terhadap ide, konseptual program, perencanaan, dinamika tim kerja, proses perancangan, manajemen budget, output program dan presentasi/sosialisasi program.

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sangat perlu diperhatikan dimulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu, dampak yang diakibatkan yaitu bisa “cacat” ‘fisik, kematian, ataupun secara psikis juga membuat karyawan menjadi tidak produktif. Sebagai seorang praktisi dalam bidang K3 perlu melakukan identifikasi potensi-potensi bahaya yang dapat terjadi di tempat/lingkungan kerja, kemudian memetakan tempat-tempat tersebut dan membuat program-program K3 sehingga dapat mengontrol potensi serta kecelakaan kerja. Tidak lupa APD (alat pelindung diri) juga dipakai untuk menunjang pekerjaan, namun APD digunakan harus sesuai dengan prosedur penggunaan. Selain APD penggunaan alat (mesin) harus dijalankan sesuai dengan prosedur, untuk itu praktisi perlu memberikan pemahaman serta sosialisasi mengenai prosedur, penggunaan APD dan alat sehingga dapat meminimalisir kecelakaan kerja.

Pelatihan ini diharapkan mampu menjembatani peserta antara kompetensi yang diberikan melalui pelatihan terhadap implementasi/penerapan sistem K3 yang baik, dan bukan tidak mungkin dapat menciptakan 0 Zero Accident di tempat/lingkungan kerja, karena kesehatan dan keselamatan kerja karyawan sangat penting baik untuk diri mereka sendiri maupun untuk perusahaan.

baca juga artikel kami tentang: Isu Strategis Implementasi K3 dalam era Human Capital ...

Semoga bermanfaat J

 

“together we can do better”

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative