Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Keunggulan Kami Dalam Training Kompetensi “Human Resources”: Satu Pilihan Anda Sebagai Persiapan Untuk Berimplementasi Dunia Kerja Sesungguhnya, Terutama Bagi Anda Calon HRD

 

Oleh. Beek Rison

Apakah anda termasuk ???

KULIAH CEPAT              = LULUS  MUDA

IP TINGGI                 = PEMAHAMAN TEORITIS

BERORGANISASI             = LEADERSHIP DAN KOMUNIKASI  

KERJA (NON-KOMPETENSI)    = KARIR TERHAMBAT

 

Stigma-stigma di atas bukan berarti bahwa kita bakalan mendapat jaminan tempat kerja yang didambakan dan berkualitas. Alangkah baiknya kita perlu mengetahui kebutuhan sebenarnya dari orang-orang HRD dalam mencari calon-calon karyawan.  Dari perspektif HRD perusahaan, bahwa mereka sebetulnya memilih karyawan tidak hanya didasarkan pada faktor IPK tinggi saja, bukan hanya atas dasar anda lulus cepat, bukan hanya atas dasar pengetahuan yang dimiliki, dan bukan hanya atas dasar pengalaman organisasi tertentu saja. Apabila stigma-stigma tersebut yang dijadikan acuan dasar orang-orang HRD dalam merekrut karyawan, maka buat apa diadakan tes seleksi lagi dengan berbagai tahapan kompetitif?

Menanggapi stigma-stigma di atas, maka perlu diketahui bersama bahwa kita masih harus memiliki KEMAMPUAN BEKERJA, apa itu yang disebut dengan kompetensi.

Apabila kita sebagai freshgraduate diterima bekerja di dalam suatu perusahaan, tidak  serta merta secara langsung menjadi seorang manajer ataupun posisi yang strategis lainnya.  Paradigma yang harus dibangun adalah bahwa ketika kita memasuki dunia kerja, disitulah kita memulai bangku sekolah sesungguhnya dalam hal karir.  Ketika kita bekerja sebagai karyawan baru, tentu saja kita akan memulai dari karir awal dengan mempelajari sistem organisasi.  Bisa jadi jika kita pemula, maka kita juga akan memulai dengan menjadi seorang staff. Oleh sebab itu, KITA MASIH DITUNTUT untuk mengetahui dinamika yang ada dalam kehidupan di dunia kerja. Seberapa optimalkah kemampuan bekerja yang kita miliki?? Begitu juga dengan kemampuan-kemampuan teknis yang mendukung dalam dunia kerja. Kita ambil contoh, pada pelajaran tentang rekrutmen kita dijelaskan bahwa salah satu teknik wawancara adalah BEI, apakah kita bisa melakukan nya setelah tahu hal itu? Nah karena itu lah kita perlu mempelajari teknik tersebut secara mendalam. Jangankan anda yang masih duduk di bangku kuliah, bahkan seorang sarjana yang telah lulus pun belum tentu memiliki kompetensi dibidang yang akan digelutinya. Bagaimana jika itu terjadi dengan diri anda?? otomatis anda akan kalah bersaing dengan jutaan calon-calon pelamar kerja yang lebih siap dengan komepetesinya masing-masing.  Apakah kemudian anda memilih kalah atau mengalah?? tentu saja tidak. Anda berarti harus lebih siap dari jutaan pelamar kerja lainnya!!

Diagram di bawah ini akan menunjukkan betapa sentralnya peran SDM sebagai Human Aset bagi sendi-sendi kehidupan.  Kaitannya dengan perusahaan, kaitannya dengan pendidikan, kaitannya dengan lingkungan sosial serta kaitannya dengan pencapaian strata yang lebih tinggi (jabatan).

  • Dinamika interaksi antar komponen yang terdapat dalam sendi-sendi kehidupan
  • SDM sebagai Human Aset Center yang memiliki potensi berupa kompetensi atas bagian dari proses input-output terhadap dinamika interaksi komponen di atas.

 

Kita pernah berada di dunia pendidikan, sosial, sebagian menduduki sebuah jabatan, bahkan mungkin diantara pembaca sudah pernah berada dalam sebuah perusahaan. Pertanyaannya, apa hubungannya dengan kita dan apakah kita bisa menjelaskan hubungan antar ke empat-empatnya. Jawabannya adalah KOMPETENSI yang bisa menghubungkannya. Kompetensi yang bisa menghubungkan secara langsung antara pendidikan, anda dan jabatan, dan begitulah selanjutnya. Kompetensi dibutuhkan agar kita mampu mendapatkan skill pada perusahaan, bahkan pengakuan yang membuat kita mendapatkan tempat yang kita inginkan. Bagi kita yang belum masuk ke dunia kerja, kita perlu mempersiapkan itu semua sebelum kita melanjutkan ke tahapan kerja. Bagi kita yang sudah bergabung dunia kerja, sudah semestinya kita mengembangkan terus kemampuan bekerja kita.

“MEDIA PELATIHAN KOMPETENSI MERUPAKAN SOLUSI UNTUK MENDAPATKAN KOMPETENSI SEBAGAI JEMBATAN DINAMIS YANG BISA MEWUJUDKAN ASPEK KNOWLEDGE MENJADI BERBAGAI SKILL DI DUNIA KERJA.”

DI PENUTUP TAHUN INI kita bisa mulai memilih, kira-kira training kompetensi apa yang bisa kita ambil untuk mempersiapkan karir kerja kita nantinya untuk TAHUN DEPAN. Kita bisa melihat dan memilih training tersebut di berbagai media informasi, salah satunya adalah melalui portal training. Tinggal buka google.com ketik portal training Yogyakarta pada keyborad komputer anda, maka akan keluar pilihan web portal training yogyakarta yang didalamnya terdapat berbagai pilihan training sesuai kebutuhan anda. Tidak seperti training pada umumnya, anda akan menemukan model-model training pilihan yang dapat meningkatkan kompetensi anda dalam menumbuhkan skill di tempat kerja.

Portal Training Yogyakarta merupakan media informasi penyelenggaraan pelatihan dengan berbagai topik dan fasilitas yang kita inginkan, terdapat agenda training di tahun 2014, jadwal pelatihan pada setiap bulannya, pilihan topik pelatihan yang menarik, materi training yang komprehensif, serta tempat training yang nyaman, bahkan anda bisa melakukan akses langsung untuk mendaftar dan mendapatkan kuota sesuai topik training yang anda pilih.

“together we can do better ...”

J Selamat mencoba J

 

www.portaltrainingyogyakarta.blogspot.com

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative