Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Pentingnya Pengembangan Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kompetensi

 

Oleh. Widdiasih Diana Ratri, S.Psi

Setiap organisasi bisnis memiliki tujuan untuk memberikan penghargaan dan “return” yang terbaik bagi pemegang saham, jajaran manajemennya, dan kepada pegawai. Kepada para pegawai, perusahaan perlu memelihara kesejahteraan SDM yang berkontribusi profesional dan berkompetensi tinggi yang menjadi asset dan sumber keunggulan perusahaan dalam memasuki era globalisasi. Diskusi mengenai sumber daya manusia yang ada di perusahaan dan berbagai solusi yang dilakukan tentunya bertujuan untuk mencapai sasarn kinerja perusahaan karyawan sebagai sumber daya manusia, perlu diupayakan agar selalu memiliki komitmen dan motivasi yang tinggi dalam menunjukkan kinerjanya di perusahaan. Di sisi lain, sistem penilaian kinerja harus pula mampu memberikan jaminan “Return on Investment” yang baik kepada pemegang saham. Untuk itu diperlukan sistem penilaian kinerja pegawai yang terintegrasi dengan sasaran dan rencana kerja tahunan perusahaan.

Sasaran kinerja perusahaan tentunya tidak akan tercapai tanpa adanya perencanaan, pengontrolan, dan evaluasi terhadap proses kinerja yang dilakukan oleh karyawan. Konsep Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kompetensi (Competency Based Performance) merupakan bagian integral yang tak terpisahkan dari Sistem Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Kompetensi (MSDM-BK) atau Competency Based Human Resource Management (CB-HRM). Sistem manajemen kinerja berbasis kompetensi ini secara tegas dapat lebih mengintegrasikan kebutuhan untuk menilai kinerja dan menghargai para pegawai yang berkemampuan di atas rata-rata, mereka yang banyak berkontribusi dan termasuk para “knowledge workers” (spesialist) dan sekaligus menjamin arah tercapainya indicator bisnis utama, yaitu “Key Performance Indicator” (KPI) perusahaan. 3

“State the art” dari sistem manajemen kinerja ini disarankan untuk dikembangkan di perusahaan yang ingin memperbaiki sistem manajemen kinerja pegawai dan perusahaan sekaligus terpadu dengan pengukuran pencapaian kinerja perusahaan KPI. Sehubungan dengan hal tersebut, jajaran manajemen serta praktisi SDM dan bagian perencanaan/pengembangan perusahaan dan unit bisnis perlu mengenal konsep dan langkah-langkah pengembangan Sistem Manajemen Kinerja Berbasis Kompetensi ini.

Karyawan yang memiliki potensi dan kompetensi yang sesuai dengan kualifikasi jabatan yang ditentukan oleh perusahaan pun tidak dapat mendukung pencapaian sasaran perusahaan apabila tidak dikelola secara tepat. Salah satu tugas praktisi sumber daya manusia sebagai partner perusahaan adalah memfasilitasi pencapaian sasaran perusahaan melalui performance management system. Output yang diharapkan dengan adanya performance management system adalah pencapaian sasaran perusahaan sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya.

 

Pemahamanan terhadap sistem manajemen kinerja (performance management system) tentunya akan membantu para calon parktisis dan praktisi sumber daya manusia untuk melaksanakan sistem manajemen kinerja di perusahaan. Oleh karena itu perlu dilakukan proses pengembangan bagi calon praktisi dan praktisi manajemen sumber daya manusia untuk mentransfer pengetahuan dan keterampilan yang sesuai bagi calon praktisi dan praktisis sumber daya manusia. Untuk mendukung proses tersebut diperlukan pula adanya yang berkelanjutan bagi para staf yang mempunyai kaitan dengan fungsi-fungsi tersebut.

"together we can do better... "

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative