Publik Training
Assessment Center Service
Personal Development Program
In-house Training Program
Organizational Development & Intervention
Training Management System
Psychological Testing
Outbound Management Training
Organizational Gathering
Rafting Fun & Gathering
Small Group Activities

Share Value


Chat Me

 

 

 

Facebook







Twitter


Hubungi Kami

Follow Us

Powered by CoalaWeb

Tentang Training

 

Training atau pelatihan didefinisikan sebagai proses pendidikan jangka pendek yang mempergunakan prosedur sistematis dan terorganisir, sehingga tenaga kerja non-manajerial mempelajari pengetahuan & ketrampilan teknis untuk tujuan tertentu.

Sedangkan pengertian Develoment (pengembangan) adalah proses pendidikan jangka panjang yang mempergunakan prosedur sistematis & terorganisir, sehingga tenaga kerja non - manajerial mempelajari pengetahuan konseptual & teoritis untuk tujuan umum.

Jadi secara sederhana dapat disimpulkan bahwa training & development adalah suatu proses peningkatan kompetensi (knowledge, attitude, skill) secara terstruktur dan sistematis berdasar pada "aspek kebutuhan"  untuk mencapai suatu perubahan pada diri individu maupun kelompok yang terukur.  Dimana individu yang sebelumnya "tidak tahu" menjadi "tahu", yang sebelumnya "tidak bisa" menjadi "bisa/mahir".   Hal inilah yang disebut dengan "progress" yaitu follow up dari hasil training.

Training yang efektif, idealnya harus berdasarkan pada kebutuhan training yang biasa disebut dengan "Training Need Analys" (TNA).  TNA diperoleh dari hasil assessmen (penggalian yang terukur) terhadap Individu, kelompok/organisasi, serta lingkup pekerjaaan.

Dalam bidang praktisi SDM, pengelompokan training, terbagi menjadi 2 (dua) secara umum, yaitu:

1. Training Kompetensi.

2. Training Motivasi.

Dari definisi masing-masing diatas sudah terlihat perbedaannya, yaitu untuk training kompetensi lebih kepada peningkatan aspek kognitif serta skill  guna menunjang tugas dan tanggung jawab berhubungan dengan pekerjaan.  Sedangkan untuk training motivasi lebih mengarah pada "Up-grading" baik untuk individu maupun kelompok (tim).

Untuk training kompetensi yang sering kita jumpai misalnya seperti: computer skill program trainingtax/brevet training untuk accounting, Interviewer SkillAssessorHuman Resources training untuk HRD, Comunication training untuk marketing, negotiation training, training pengoperasian mesin-mesin, dll.

 

Untuk training motivasi yang sering kita jumpai misalnya seperti: motivational training, Self development training, team work, Outbound training, gathering, Achievement motivation training (AMT), dll.

Jadi untuk anda yang menginginkan sebuah training, maka harus mengetahui dulu kebutuhannya apa? untuk siapa? desain trainingnya seperti apa? trainernya siapa? metode yang dipakai seperti apa? hasil yang diinginkan (target) apa?

 

Portal Publik Training

Jadwal Publik Training 2015

Klik di sini untuk mendapatkan jadwal publik training 2014

Biro Psikologi Kami

Info Lowongan Kerja

Posting Gratis Di Sini

Dinas Tenaga Kerja RI

Dinas Tenaga Kerja Yogyakarta

Sure Creative